Padang, Padang City, West Sumatra, Indonesia for Berjalan-jalan Keliling Indonesia dengan Bus dari Surabaya Menuju ke Jakarta

Surabaya memiliki iklim tropis seperti kota besar di Indonesia pada umumnya di mana hanya ada dua musim dalam setahun yaitu musim hujan dan kemarau. Kota Surabaya adalah satu kota yang mana dikenal sebagai pusat dari gerakan kemerdekaan Indonesia. Kota ini adalah kota terbesar kedua di Indonesia dengan beberapa campuran agama seperti Islam, Kristen Protestan, Khatolik Roma, Hindu, Buddha, dan Kong Hu Cu. Juga memiliki percampuran suku dan budaya yaitu Belanda, Indonesia dan Tionghoa, dan Arab yang budayanya hidup bersama ditengah-tengah kemacetan kota dan kepadatan penduduk. Dapat dikatakan dengan sangat baik bahwa kota yang memukau ini adalah salah satu percampuran budaya kuno dan modern yang bersatu dalam cara yang indah. Ketika anda pertama kali menginjakkan kaki anda di kota ini, sepertinya tidak terlihat terlalu menarik. Namun, ketika anda menginap lebih lama dan menjelajahi lebih jauh, anda akan menyadari bahwa ada lebih banyak hal yang menarik di kota ini selain dari infrastrukturnya yang terus berkembang. Bangunan-bangunan besar, polusi dapat menjadi penghalang di awal. Namun, seiring berjalannya waktu anda akan mulai mencintai kota ini karena alasan yang unik.

 

Kota ini adalah kota yang pertama di Indonesia yang memanfaatkan teknologi abad 21 untuk pembangunannya. Berbicara tentang akomodasi yang ada disini, ada beberapa bangunan era Belanda tua serta hotel mewah seperti Sheraton dan J.W Mariott. Bagi para backpacker dan wisatawan yang memiliki anggaran minim mereka akan terkejut menemukan berbagai pilihan akomodasi yang dapat dipilih. Wisatawan yang mencari harga menengah tetapi tetap ingin merasakan fasilitas mewah pasti akan dimanjakan dengan pilihan akomodasi murah seharga Rp 145.000,-. Jika anda sedang dalam kunjungan singkat ke Surabaya ada banyak apartemen dan hostel yang disewakan juga untuk tempat beristirahat sementara. Setelah mengunjungi landmark khas seperti Sampoerna Museum, Gereja, Masjid dan pasar besar. Salah satu Masjid yang wajib dikunjungi yaitu Masjid Ampel yang dibangun oleh Sunan Ampel salah satu pioneer wali songo. Dipercaya bahwa masjid ini dibangun pada abad ke-15. Di masjid ini terdapat dek observasi yang luas di dekat masjid yang menawarkan pemandangan kota yang luar biasa. Akhirnya telah tiba saatnya untuk menuju ke tujuan saya berikutnya yaitu ke Jakarta.

 

Saya memesan tiket bus saya dari situs web redbus.id Di situs disebutkan ada dua operator yang melakukan rute perjalanan antara dua kota ini. Kramat Djati Jakarta dan PO Mawar bersama-sama mempunyai kira-kira 5 bus yang melakukan perjalanan basis reguler di rute ini. PO Mawar adalah Operator Bus Executive dengan biaya tiket dimulai dari IDR 240.000,- Operator melakukan perjalanan harian dengan dua bus yang berangkat pada pukul 17.00 di sore hari dan yang lain pada pukul 19.00 pada malam hari. Durasi perjalanan adalah sekitar 18 jam karena jalanan pada rute ini dikenal macet karena rute yang dipakai adalah rute yang terkenal sehingga banyak para pengendara melewati rute ini. Kramat Djati Jakarta memiliki 3 bus yang melakukan perjalanan, yang pertama meninggalkan terminal pada pukul 14.30 sore diikuti dengan dua bus lainnya yang meninggalkan terminal pada pukul 15.30 sore yang mana banyak permintaan pada jam-jam ini. Kramat Djati Jakarta adalah operator bus mewah dengan beberapa kursi paling mewah yang pernah saya rasakan. Kursi dilengkapi charger soket dan tempat pemegang botol. Setiap kursi memiliki layar LED yang diisi lengkap dengan film dan music. Harga yang ditawarkan untuk satu tiket kursi yaitu sekitar Rp 285.000,-. Harga ini sedikit lebih tinggi yang mana memang sesuai dengan semua fasilitas yang telah Operator sediakan.

 

Jakarta yang mana merupakan ibu kota Indonesia, berfungsi sebagai gerbang utama untuk menuju ke seluruh kota apabila anda dari mancanegara. Bagian terbaik dari kota ini adalah kunjungan kesini akan memungkinkan anda seperti menjelajahi hampir 60 persen wilayah Indonesia sekaligus dalam satu tempat.

 

 

 

Where I stayed / started

Indonesia

Have you done this? What can you add to this jrrny?

Related Posts