Surabaya, Surabaya City, East Java, Indonesia for Berdarmawisata Menuju ke Kebumen dari Daerah Istimewa Yogyakarta

Yogyakarta

 

Yogyakarta adalah salah satu dari 32 provinsi yang ada di Indonesia dan merupakan salah satu pusat budaya terbesar di Asia. Provinsi ini terletak di kaki Gunung berapi Merapi, yang mana masih aktif hingga saat ini. Dalam beberapa tahun terakhir, Yogyakarta telah berkembang menjadi pusat perkotaan utama yang melestarikan sebagian besar tradisinya. Kota ini memiliki ketertarikan spesial tersendiri dan tentunya akan memikat hati anda ketika anda mencapai kota ini. Provinsi ini juga salah satu daerah yang paling padat penduduk sebesar 3,5 juta jiwa dan diresmikan di tahun 1756. Pengrajin lokal disini memproduksi perak, olahan kulit, tekstil batik, dan kayu. Cukup banyak sekolah lukis modern di kota ini mengajarkan seni tradisional dan kontemporer bagi para siswanya. Kota ini juga menjadi jalan utama menuju Jawa Tengah menurut letak geografis. Yogyakarta secara strategis terbentang dari Gunung Merapi sampai Samudera Hindia dan terletak di tiga lembah sungai yaitu Sungai Winongo, Sungai Code, dan Sungai Gajahwong. Ada beberapa transportasi udara yang melakukan perjalan menuju dan dari Yogyakarta ke beberapa kota besar di Indonesia. Ketika berbicara tentang tarian tradisional disini, kota ini menjadi pemimpin dibanding kota-kota lainnya di negara ini. Kota yang memiliki hari jadi pada tanggal 7 Oktober 1956 ini adalah kota yang hidup dan menjadi kesukaan alam. Jalan Malioboro adalah tempat dimana hampir semua turis menuju kesini pada malam hari. Jalanan ini penuh dengan pedagang kaki lima yang menjual makanan paling enak. Ketika kita makan disini, banyak seniman jalanan yang hadir menemani santap malam. Jika anda berada di kota ini, pastikan jangan lupa untuk mengunjungi berbagai pusat perbelanjaan mewah disini.

 

Kebumen

 

Kebumen merupakan salah satu kabupaten terbesar di seluruh Jawa Tengah dan nama kota ini diambil pada zaman dahulu ketika tempat ini menjadi daerah pelarian Pangeran Bumidirja atau Pangeran Mangkubumi dari kota Mataram pada 26 Juni 1677, saat berkuasanya Sunan Amangkurat I. Nama kota ini konon berasal dari kata Kabumian yang berarti sebagai tempat tinggal Kyai Bumi. Hingga beberapa tahun, Kebumen dianggap sebagai daerah historis di peta dan juga merupakan kota warisan nasional. Dalam beberapa tahun terakhir kota ini telah mengalami perkembangan pesat. Kabupaten Kebumen memiliki luas wilayah 1300 km dan beberapa wilayah di kota ini adalah pesisir dan pegunungan.

 

Bus adalah salah satu layanan transportasi di Indonesia. Daripada terjebak kemacetan ibukota dan harus membayar akan hal itu, banyak warga Indonesia yang lebih memilih untuk bepergian dengan bus. Jumlah bus yang terdapat disini juga cukup banyak dengan bus yang datang hampir setiap 15 menit. Saya merekomendasikan kepada anda untuk memesan tiket dari jejaring situ Redbus  karena apabila memesan tiket manual sangat repot untuk antri dan tiket juga cepat habis terjual. Situs redbus menawarkan anda diskon yang besar dan anda dapat memilih beberapa tipe bus seperti ekonomi, ekspress, dan luxury. Perjalanan bus akan membebankan biaya sekitar Rp. 50.000 hingga Rp. 200.000 tergantung tipe bus apa yang akan anda pesan. Jika anda berkejaran dengan waktu, saya sarankan anda untuk memesan tiket dengan tipe ekspress karena bus tipe ini hanya berhenti beberapa kali dan membuat perjalanan akan lebih cepat sampai pada destinasi yang anda inginkan. Jika anda adalah orang yang memiliki anggaran ketat, anda dapat memesan tiket bus tipe ekonomi. Tetapi, jika anda menginginkan perjalanan yang lebih menyenangkan, pastikan anda memesan tiket bus tipe luxury karena terdapat fasilitas kursi yang dapat disandarkan, film-film favorit selama perjalanan, dan makanan ringan. Jadi pesan tiket anda sekarang dan lewati jalananan menuju tempat yang anda inginkan.

 

Kedua kota ini memiliki jarak sekitar 100 km jauhnya dan total waktu perjalanan yang dihabiskan hanya 2 jam saja. Di situs ini disebutkan bahwa ada beberapa operator bus yang melakukan perjalanan bus antara kedua kota ini dan operator lokal tur disini yang lebih banyak mengoperasikan rute ini. Bus meninggalkan Yogyakarta setiap 4 jam sekali. Perjalanan anda akan dikenai biaya sekitar Rp 300.000,-. Saya sangat merekomendasikana anda untuk bepergian dengan bus karena operator bus disini sangat ramah dan terkadang dapat melayani sebagai pemandu turis juga.

Insider Tip

Good

Where I stayed / started

Hotel

place

Have you done this? What can you add to this jrrny?

Related Posts